Friday 27 January 2017

Kumo Desu ga, Nani ka? Chapter 64

64. Penaksiran-sama adalah orang yang sangat pintar


Penaksiran-sama sangat luar biasa.
Skill-skill yang bisa kudapatkan terlihat dalam daftar yang muncul dengan jumlah poin yang dibutuhkan.
Jumlah poin yang kumiliki saat ini adalah 200.
Karena sebuah skill minimum membutuhkan 100 poin, Aku bisa antara mendapatkan dua skill 100 poin atau satu skill 200 poin.

Yaa, boleh-boleh saja.
Yang penting di sini adalah penaksirannya memunculkan skill-skill yang belum kudapatkan.
Selagi dimunculkan, Aku bisa men-dobel taksirnya.
Dengan kata lain, Aku bisa memeriksa efek dari skill-skillnya sebelum kuambil!
Sempurna!

Jika kugunakan fungsi ini, Aku bisa cari skill yang berguna. Tidak perlu mengambil sambil khawatir bisa digunakan atau tidak lagi.
Lagipula, tergantung pada situasinya, Aku bisa mencari skill yang mungkin bisa diperoleh dengan mendapatkan kecakapan skill tanpa harus menggunakan skill poinku.
Skill-skill yang belum diperoleh tersebar di hadapanku.

Jadi, mari taksir skill-skill yang muncul dalam daftarnya satu per satu.

《Kecakapan skill tercapai. Skill 『Makan Berlebih LV5』 telah menjadi 『Makan Berlebih LV6』》

Level skill "Makan Berlebih" naik lagi selagi Aku makan sambil men-taksir.
Tapi, masih ada banyak monyet yang tersisa, dan sepertinya perutku masih jauh dari batasnya.
Perutku luar biasa.
Apakah ada gelar "Perut Dimensi Lain"?

Fuu.
Ini luar biasa.
Bahkan yang di tampilkan sekarang ini seperti ensiklopedi yang di ilustrasikan.
Tidakkah akan bertambah lagi jika kusimpan 300 poin?
Mungkin akan bertambah.
Tapi, Aku harus meningkatkan levelku sampai segitu.
Walaupun levelku meningkat karena pertempuran hidup dan mati melawan monyet-monyetnya seperti orang bodoh, biasanya tidak meningkat sekaligus sebanyak kali ini.
Tapi, skill yang ditampilkan sekarang tidak akan ditampilkan lagi jika Aku gunakan poinku.
Itu menyusahkan.
Tapi, jika ada skill yang bagus, Aku ingin mengambilnya.
Dilema sekali.

Apa yang harus kulakukan?
Haruskah kuambil sebuah skill? Atau haruskah kusimpan poinku?
Ku, Aku kesulitan.

Aku telah selesai menaksir semua skill-skill yang ditampilkan.
Ada beberapa skill yang membuatku tertarik.

『Indra Sihir: Menjadi bisa merasakan kekuatan sihir』
『Manipulasi Sihir: Menjadi bisa memanipulasi kekuatan sihir』

Bukankah keduanya diperlukan untuk menggunakan sihir?
Sepertinya memang begitu. Dilihat dari keduanya ditampilkan bersamaan, rasanya ini seperti disengaja.
Mungkin keduanya adalah skill yang menampilkan efeknya jika berpasangan.
Aku bisa mengambil keduanya hanya dengan 200 poin.

Tapi ada masalah besar.
Sebenarnya, Aku sudah memiliki "Indra Sihir".
Ada di dalam skill "Deteksi".
Ya, "Indra Sihir" juga termasuk dalam skill "Deteksi".
Itu artinya, jika Aku ambil "Indra Sihir", itu mungkin akan bersatu dengan "Deteksi".

Itu tak dapat diterima.
Atau mung harus kukatakan, jika itu terjadi, Aku takkan bisa menggunakan sihir sepanjang hidupku.
Aku tidak bisa menggunakan "Deteksi", dan jika jadi seperti itu, Aku tidak bisa mengaktifkan "Indra Sihir" juga.
Menurut perkiraanku, jika kedua skill ini diperlukan untuk menggunakan sihir, maka AKu telah dicheckmate. (TLN: checkmate -> skakmat, istilah dalam catur)

Eh, bug jahat macam apa ini?
Tidak tidak.
Belum dipastikan akan jadi seperti itu.
Pastinya, Aku akan bisa menggunakan sihir suatu hari nanti.
Oleh karena itu, Aku akan lewatkan dulu masalah ini.

Mungkin ada skill yang bisa membuat "Deteksi" dapat digunakan.
Tapi, diragukan kalau skillnya benar-benar bisa digunakan, dan Aku tidak ingin memakai skill poin berhargaku lagi pada skill yang tak berguna.
Saat ini, skill yang bisa digunakan langsung dengan efek yang jelas itu memang bagus.

Skill "Cakar Beracun" yang Aku pikir-pikir sebelumnya tidak lagi dibutuhkan karena Aku sudah memiliki skill "Serangan Beracun".
Walaupun mengambil "Pemakaian SP Turun" tidak akan rugi, prioritasnya tidak tinggi karena Aku memiliki "Makan Berlebih".
Atau malah, Aku bisa mendapatkan "Pemulihan HP Otomatis" dengan alami, jadi cepat atau lambat Aku mungkin bisa mendapatkan "Pemakaian SP Turun".

Yaa, walaupun Aku terlihat kesulitan, Aku sudah menetapkan pilihanku pada sebuah skill.
Sekarang, Aku hanya perlu memilih apakah Aku harus mengambil skillnya atau Aku harus menyimpan poinku.
Skillnya berbeda jelas dari yang lain.
Dalam berbagai hal.

『Kebanggaan(100):kekuatan n% yang mampu meraih dewa. Kecepatan mendapatkan EXP dan kecakapan skill meningkat besar dan setiap nilai pertumbuhan kemampuan dasar meningkat. Ditambah, Sistem W terlampaui dan hak untuk turut campur dengan area MA didapatkan』

Aku tidak mengerti.
Penjelasannya dan juga kenapa hanya 100 poin yang dibutuhkan untuk mendapatkan skill semacam ini.
Walaupun Aku menaksir n%, W, area MA, hasil semuanya adalah 『Mustahil untuk ditaksir』.
Hal yang Aku berhasil mengerti dari penjelasannya adalah skill ini memiliki efek yang meningkatkan seberapa banyak EXP yang didapatkan dan meningkatkan kecakapan skill juga, skillnya juga memberikan koreksi pertumbuhan.
Hanya dengan itu, ini adalah skill yang luar biasa.

Jujur saja, Aku tidak yakin apa yang harus kulakukan.
Skill yang sulit dipahami seperti ini terlalu berbahaya.
Aku tidak tahu kekurangan apa yang dimilikinya.
Tapi, jika Aku pikir lagi, ada banyak keuntungannya.
Tidak ada skill lain yang bisa meningkatkan kecepatan mendapatkan EXP dan kecakapan skill.
Aku tidak tahu seberapa besar efek yang dimiliki koreksi pertumbuhan, tapi perbedaannya terlihat besar.

Sungguh, apa yang harus kulakukan?





Chapter Sebelumnya

1 comment:

  1. Anjiir tambah seru aja nih liat2 skillnya nambah antusias saya

    ReplyDelete